Kamis, Januari 29, 2009

Kabel Honda New Mega Pro

916kabel-mega-pro-endro-1.jpgMekanik HMPC (Honda Mega Pro Club) chapter Depok, Iksan punya kabar bagus. Katanya, dia orang sering kali kedatangan anggota klub yang punya masalah kabel bodi Honda New Mega Pro putus. Padahal yang datang dengan problem itu adalah motor baru. “Artinya masih berumur muda kan,” celetuk Iksan.

Setelah diperhatiken, mekanik asal Demak, Jawa Tengah ini menemukan pokok masalah. “Ukuran kabel kelistrikan bodi New Mega Pro lebih kecil dibandingkan Mega Pro lama. Pantas gampang putus,” ulasnya.

Bagian yang sering mengalami putus cinta, eh kabel, ini di sekitar komstir (gbr. 1). “Kemungkinan karena kabel sering ketarik saat setang diajak belok. Kelamaan begitu, tentunya bisa bikin putus (gbr. 2),” lanjutnya.
Kabel yang acap kali ditemukan bermasalah ini adalah yang berwarna merah. “Itu kabel dari aki. Artinya jika putus, semua jadi nggak berfungsi,” beber pria yang buka bengkel di Jl. Raya Depok, Pasar Minggu atau dekat stasiun kereta Lenteng Agung ini.

Lalu apa solusinya? Baca teruuuss!
917kabel-mega-pro-baru---endro.jpg
GANTI KABEL BODI

Solusi paling yahud adalah mengganti kabel bodi bermasalah tadi dengan kabel baru. Tentunya pakai kabel yang ukurannya lebih besar. “Bisa cari kabel Mega Pro lama. Atau kabel Honda tipe apa saja asal lebih besar. Karena hampir semua Honda memiliki warna kabel sama,” kata mekanik ramah ini.

Hal sama juga coba dianalisis Bedjo, mekanik kepala di Jakarta Honda Center (JHC). Pasalnya di bengkel resmi Honda ini juga sering kedatang customer dengan masalah itu. “Kalau saya lihat itu bukan hanya karena ukurannya yang kecil, tapi juga karena lebih pendek sehingga kabel jadi tegang,” kata Bedjo.

Lebih jauh dia menerangkan bahwa meski lebih kecil, tapi pengaruh terbesar dari putusnya kabel itu adalah karena ukuran kabel yang pendek. “Karena itu saat setang diajak berbelok, kabelnya tertarik melebihi jarak mainnya sehingga putus,” lanjut mekanik jangkung ini lagi.

Karena terjadinya di New Mega Pro yang masih baru, sebaiknya dibawa langsung ke bengkel resmi. Katanya lagi, kerusakan pada bagian itu memang digaransi sehingga bisa klaim.

Jadi, pengguna Mega Pro baru sebaiknya tidak ganti sendiri kabel bodi itu. Lebih baik bawa ke bengkel resmi untuk segera diklaim./Shinobi_23
Sumber : http://www.motorplus-online.com

Tidak ada komentar: